Popular Post

Posted by : Unknown Jumat, 19 September 2014

1. Faktor Teknis
a. Analisis Kisikisi : ini merupakan acuan dasar soal‐soal UN yang disusun oleh BSNP.
Kisi‐kisi ini disusun secara rinci dan detail berdasarkan Standar Kompetensi (SK) dan
Kompetensi Dasar (KD) yang tercantum pada Permendiknas No. 22/2006 tentang
Standar Isi. Kisi‐kisi ini terdiri dari Kompetensi dan Indikator untuk setiap mata
pelajaran di setiap jenjang pendidikan. Selanjutnya, kisi‐kisi ini perlu dianalisis
dengan cara mengkategorisasikan semua Indikator untuk setiap Kompetensi yang
ada di setiap mata pelajaran. Dengan kategorisasi ini, dapat disusun program untuk
mengulang pelajaran yang lebih terfokus.

Dengan menggunakan Alat Pembelajaran Mind Map, kisi‐kisi dapat diubah dari
bentuk linier ke bentuk mapping sehingga lebih mudah di kategorisasikan secara
sistematis untuk mempermudah proses analisis.

b. Mengulang Pelajaran : berdasarkan kisi‐kisi, sekolah dapat memfokuskan kegiatan
     mengulang pelajaran mengikuti kisi‐kisi yang diberikan. Hal ini sangat membantu
     agar siswa dapat memilah materi‐materi yang harus mereka pelajari kembali
     khususnya materi yang dipelajari di kelas 1 sd 5 untuk siswa kelas 6, materi kelas 7
     dan 8 untuk siswa kelas 9 serta materi kelas 10 dan 11 untuk siswa kelas 12.
     Untuk merangkum materi pelajaran yang cukup banyak ini, dapat digunakan Mind
     Map sehingga lebih ringkas dan pada akhirnya dapat mempercepat proses
     pengulangannya.
c. Prediksi Soalsoal : berdasarkan indikator‐indikator yang ada dalam kisi‐kisi
    ditambah dengan analisis soal‐soal yang keluar pada tahun‐tahun sebelumnya,
    dapat dibuat prediksi soal‐soal untuk setiap indikator dengan berbagai tingkat
    kesulitan menurut taksonominya (mulai dari C1 sampai C7).
    Mind Map kembali dapat digunakan untuk menganalisis sekaligus menyusun
    prediksi soal‐soal.

d. Latihan Ujian : Prediksi soal‐soal ini, selanjutnya disusun menjadi Bank Soal yang
    kemudian dapat di kelompokkan menjadi paket‐paket soal yang dapat digunakan
    untuk Latihan Ujian atau Try‐out.

e. Strategi Menjawab Soal : pada umumnya banyak siswa yang menjawab soal‐soal
    ujian secara berurutan mulai dari nomor 1 dst. Cara ini telah terbukti tidak efektif
    karena seringkali siswa terjebak pada soal‐soal yang termasuk kelompok sulit. Secara
    umum komposisi soal UN dapat dibagi menjadi 3 kelompok yaitu : mudah (30%),
    sedang (50%) dan sulit (20%). Oleh karena itu, siswa harus dilatih bagaimana cara
    mengindentifikasi soal‐soal yang mudah dan sedang serta untuk sementara
    menghindar dari soal‐soal yang sulit kecuali masih tersedia waktu yang cukup untuk
    mengerjakannya.
  
 Berikut beberapa tips dan trik yang dapat digunakan dalam menjawab soal‐soal :

 1. Begitu aba‐aba untuk mengerjakan soal di mulai, segera telusuri seluruh soal
     dengan cepat (seandainya tidak ada larangan untuk melihat soal, langsung buka
     begitu dibagikan karena kita bisa mendapat waktu tambahan). Langsung tandai
     jawaban untuk soal‐soal yang bisa langsung di jawab karena biasanya ada
     beberapa soal yang termasuk kategori sangat mudah. Selanjutnya tandai soalsoal
     yang bisa dikerjakan dan terakhir tandai soal‐soal yang rasanya sulit untuk
    dikerjakan. Dengan demikian, siswa secara tidak langsung sudah
     mengelompokkan soal sesuai dengan kesulitannya.
 2. Selanjutnya, periksa kembali soal‐soal yang sudah ditandai jawabannya untuk
     memastikan tidak ada kekeliruan dan segeralah berpindah ke soal‐soal yang bisa
     dikerjakan. Hindari soal‐soal yang sudah diberi tanda sebagai soal‐soal yang sulit
     dan tetap berkonsentrasi pada soal‐soal yang mudah dan sedang saja. Hal ini
     untuk menghindarkan siswa dari jebakan sola sulit yang akan menguras waktu
     serta menyebabkan stress dan panik.
 3. Khusus untuk soal pemahaman bacaan yang mendominasi ujian untuk mata
     pelajaran bahasa Indonesia dan Inggris, berikut beberapa tipsnya :

   a.a     Baca pertanyaan terlebih dahulu sebelum membaca bacaan. Hal ini akan
             membantu kita untuk mencari jawaban dalam bacaan khususnya untuk
             menentukan bagian/paragraph yang harus dibaca sehingga dapat
             menghemat waktu.
􀂾 Ketika membaca pertanyaan, pikirkan/antisipasi jawabannya terlebih dahulu
             sebelum kita mencarinya dalam bacaan. Jika jawaban yang kita pikirkan itu
             terdapat dalam salah satu pilihan, segera tandai karena itulah jawabannya.
􀂾 Bila kita mengalami kesulitan mencari jawaban dalam bacaan, bacalah
             dengan perlahan sambil menggarisbawahi kata‐kata kunci (bennda, kerja,
             sifat dan keterangan) serta member perhatian kepada kata‐kata sambung
             seperti : bagaimanapun juga, meskipun, namun dll karena kalimat setelah
             kata‐sambung ini akan membuka peluang untuk menemukan jawaban.

4. Karena soal‐soal UN berbentuk pilihan ganda – PG, berikut ada beberapa strategi
yang dapat digunakan :
‐ Baca soal dan semua pilihan jawaban dengan baik dan teliti dan hati‐hati
dengan kata‐kata negatif seperti : bukan, kecuali, selain, tidak pernah dll
karena bisa menjebak
‐ Sekiranya jawaban yang benar belum ditemukan, coba eliminasi jawaban
yang salah terlebih dahulu. Ada beberapa tips untuk mengeliminasi jawaban
yaitu :
􀂾 Eliminasi pilihan yang benar‐benar salah
􀂾 Eliminasi pilihan yang sebagian salah
􀂾 Eliminasi pilihan yang benar tapi tidak ada hubungannya dengan soal
􀂾 Eliminasi pilihan yang sangat berbeda dengan pilihan lainnya
‐ Karena UN tidak menggunakan sistem minus untuk setiap jawaban yang
salah, jangan pernah membiarkan satu soalpun tanpa jawaban. Jangan ragu
untuk menggunakan feeling alias menebak. Berikut ada beberapa strategi
untuk menebak :
􀂾 Jika ada 2 pilihan yang sangat mirip, biasanya salah satu diantaranya
adalah jawaban yang benar
􀂾 Jika ada 2 pilihan yang berlawanan, biasanya salah satunya adalah
jawaban yang benar.
􀂾 Biasanya pilihan yang paling panjang adalah pilihan yang benar
􀂾 Biasanya pilihan yang mengandung kata‐kata : biasanya, boleh, mungkin
atau kemungkinan besar adalah jawaban yang benar.
􀂾 Sebaliknya, pilihan yang mengandung kata‐kata : semua, mesti, harus,
tidak ada adalah jawaban yang salah.

f. Strategi Mengisi LJK : bagaimanapun pintarnya seorang siswa dalam menjawab soalsoal,
pada ahkirnya semuanya itu harus dinyatakan dengan pengisian LJK secara
benar dan tepat karena dokumen inilah yang akan diperiksa oleh Panitia UN.
Kesalahan dalam pengisian LJK akan bersifat fatal karena komputer atau tepatnya
mesin pemindai (scanner) yang memeriksanya hanya akan membaca seluruh
bulatan hitam yang dibuat dengan pensil 2B.

Ada beberapa tips yang dapat menghindari siswa dari kesalahan dalam mengisi LJK :
1. Sediakan waktu khusus untuk memindahkan jawaban dari soal ke LJK,
    misalnya setiap 10 soal.
2. Hati‐hati dengan soal yang masih belum ditemukan jawabannya karena bisa
    menyebabkan kekeliruan yang fatal pada saat memindahkan jawaban ke LJK.
    Misalnya soal nomor 5 masih kosong tapi pada saat memindahkan jawaban
    untuk nomor 1 sd 10, jawaban nomor 6 terisi ke nomor 5 dan akibatnya
    jawaban untuk soal nomor 7 sd 10 akan salah juga.
3. Sediakan waktu khusus sebelum ujian selesai (misalnya 10 menit terakhir)
    untuk melakukan pemeriksaan akhir di LJK seperti memeriksa data‐data
    seperti nama, kode soal dan jawaban soal‐soalnya. Pastikan tidak ada
    jawaban yang tertukar jawabannya pada saat memindahkannya ke LJK.
2. Faktor NonTeknis faktor ini merupakan penunjang dari faktor teknis dan seringkali
     siswa yang pintar tapi lemah dalam hal‐hal yang terkait dengan kekuatan mental,
     motivasi, cara menghilangkan/mengurangi stress akan mengalami kegagalan.
     Berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan :
     a. Ujian merupakan bagian dari kehidupan yang akan selalu ada dii setiap langkah
         kehidupan kita, oleh karena itu hadapi dengan wajar tanpa perlu menjadikannya
     b. Kita tidak sendirian dalam menghadapi ujian ini, banyak orang yang menghadapinya
         dan kita juga akan selalu mendapat dukungan dari banyak orang mulai dari Kepala
         Sekolah, guru, orang tua dan sanak saudara.
     c. Persiapan diri dengan sebaik‐baiknya lalu siapkan diri untuk menerima hasil ujian ini
         dengan ikhlas karena itulah hasil dari usaha yang telah kita lakukan.
     d. Stress adalah hal yang wajar karena tidak ada seorangpun yang ingin gagal, tapi
         jangan sampai hal ini merusak segala persiapan yang sudah kita lakukan. Ingat ketika
         kita merasa stress, system syaraf kita akan mengaktifkan hormon‐hormon stress
         seperti noradrenalin dan adrenalin yang menyebabkan jantung berdebar, frekuensi
         nafas meningkat, tekanan darah naik sehingga proses berpikir menjadi terganggu
         dan pada akhirnya dapat “mengunci” otak berpikir kita.

Berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk menghilangkan/mengurangi
strees.
1. Teknik tercepat untuk mengurangi stress adalah dengan berusaha untuk
     “tersenyum” (meskipun kita tidak ingin melakukannya) karena proses ini akan
     membantu untuk memproduksi hormon endorphin yang dapat :
     􀂾 menekan tingkat stress,
     􀂾 menambah semangat,
     􀂾 menguatkan system kekebalan tubuh
2. Teknik berikutnya adalah dengan melakukan aktifitas 3 langkah sederhana yaitu :
    • Tarik nafas dengan dalam (boleh juga sambil memejamkan mata) lalu
       lepaskan perlahan‐lahan sebelum mulai membaca soal ujian
    • Ulangi proses di atas beberapa kali sampai kita merasa tekanan yang
       dirasakan mulai berkurang
    • Katakan pada diri kita sendiri : Saya Bisa, Saya Tenang, Saya Rileks
e. Akhirnya sebagai umat beragama, kita berdoa untuk memohon kekuatan dalam
    menghadapi ujian ini seraya mengikhlaskan diri untuk menerima apapun hasil dari
    seluruh kerja keras kita dalam menghadapi ujian ini. Ingat ujian bukanlah peristiwa
    hidup‐mati, maliankan kegiatan biasa yang akan kita hadapi sehari‐hari. Yang
    penting adalah kita sudah mempersiapkan diri dengan sebaik‐baiknya.
  Rumus Sukses UN 2014 adalah :
“Usaha + Strategi + Doa”
Jangan lupa RESTU Orang Tua :) ;)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My Dream of My Life - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -